Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Tiang Mukhallaqah



Letaknya menempel di Mihrab Nabi, yaitu tepatnya di bekas batang korma yang sering digunakan Nabi ketika khutbah maupun sholat. Sebuah riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah shalat dekat batang korma, sebab dulu Masjidnya terbuat dari pelapah korma, beliau juga berkhutbah pada batang itu, sampai seorang sahabat berkata : Wahai Rasulullah apakah engkau izinkan jika kami buatkan sesuatu untuk berdiri di hari Jum’at, agar orang bisa melihat dan mendengarkan suaramu? Beliau berkata. “ya”. Maka dibuatkanlah tiga tingkat.

Setelah dibuat, (mimbar) itu diletakan di tempat berdiri Rasulullah ., dan ketika Rasulullah akan menuju mimbar beliau melewati batang korma yang dulu digunakanya berkhutbah. Tatkala dilewati batang korma itu menjerit hingga terbelah, saat jeritan itu terdengar, Rasulullah turun dan mengusapnya dengan tangan hingga tenang, kemudian kembali ke mimbar. Beliau shalat, beliau juga shalat di tempat itu. Imam Bukhari meriwayatkan bahwa suara jeritan itu seperti suara rintihan onta yang sedang hamil 10 bulan. (Sunan Ibn Majah, no. 1414; Shahih Bukhari, 3585)
Imam Hasan al-Basri jika menceritakan mimbar ini, beliau menagis seraya berkata: “Wahai manusia, batang korma saja merintih merindukan Rasulullah meminta beliau kembali ke tempatnya, kalian mestinya lebih merindukan pertemuan dengan Rasulullah . (Syarah al-Syifa li al-Qari’, 3/63)

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Tiang Mukhallaqah"
Back To Top