Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Perbatasan Tanah Haram Madinah


Tugu Perbatasan Tanah Haram
Tanah Madinah yang menjadi Tanah Haram memiliki batasan-batasan yang telah ditentukan batasanya oleh Rasulullah .

Para ahi yang mengetahui batasan-batasan itu (merujuk kepada Sabda Rasul) membuat tugu-tugu yang sangat jelas nan tinggi sebagai pertanda anda masuk atau keluar dari tanah haram.

Rasulullah bersabda: “Batas madinah adalah antara ‘Ayr dan tsur; barangsiapa mengadakan hal yang baru, atau menempatkan sesuatu yang baru, maka atasnya laknat Allah, malaikat, dan manusia seluruhnya; Allah tidak akan menerimanya di Hari Kiamat. (Sahih Muslim, no. 1370)

Jarak antara Jabal ‘Ayr dan Jabal Tsur ± 15 km, keduanya merupakan batas tanah suci Madinah sebelah selatan dan utara. Sedangkan batas timur dan barat adalah sebagaimana ditegaskan Nabi “Sesungguhnya aku tetapkan tanah suci antara kedua labah Madinah”. (Sahih Muslim, hadits no. 1363) Labah adalah tanah yang diliputi oleh bebatuan hitam, salah satunya berada di sebelah timur Madinah dan yang lainya di sebelah barat.

Menurut Ibnu Hajar, yang dimaksud dengan laknat Allah, malaikat dan manusia ialah kata kiasan untuk menunjukan jauhnya dari rahmat Allah Yaitu adzab yang akan ditimpakan kepada orang yang berbuat dosa, tetapi bukan seperti laknatn terhadap orang-orang kafir (Fath al-Bari, 4/84)

Batasan-batasan itu oleh Kementrian Dalam Negri Saudi Arabia telah diberi tanda yang jumlahnya mencapai kira-kira 161 buah, untuk memudahkan para penziarah Madinah
Rasulullah pernah bersabda :
 اِنَّهَا حَرَمُ آمَنَ اِنَّهَا حَرَمٌ آمَنَ
“Sesungguhnya ia adalah tanah yang aman, sesungguhnya ia adalah tanah yang aman.” Menurut Haitsami para perawinya termasuk rijal al-shahih (para perawai yang jujur) Majma’ al-Zawaid (3/302).

Batas- batas tanah haram Madinah menutut hadis nabi Muhammad SAW
  • Perbatasan Wilayah Utara: Wilayah yang membentang mulai dari Gunung Tsaur yang posisinya berada di belakang gunung Uhud hingga gunung I'er.
  • Perbatasan Wilayah Selatan: Gunung I'er.
  • Perbatasan Wilayah Timur:  Harooh Waqim.
  • Perbatasan Wilayah Barat: Harooh Wabroh.
·

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Perbatasan Tanah Haram Madinah"
Back To Top