Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Jabal Rumat Bukit Pemanah Perang Uhud

Jabar Rumat Location
Masih di kawasan Jabal Uhud, di depanya terdapat Jabal Rumat, bukit para pemanah perang uhud.

Jabal Rumat (Jabal Ainain). Yaitu sebuah bukit merah yang terletak di sebelah selatan makam Syuhada’, disamping Wadi Qonat. Disebut “Jabal Rumat” karena disitu Nabi ﷻ menunjuk 50 orang pemanah (rumat) untuk bersiaga dalam perang Uhud, yang dikomandani oleh Abdullah ibn Jabir r.a

Nabi ﷺ berkata : Lindungilah pasukan kuda, jangan sampai mereka menerobos kita, dan tetaplah di tempatmu, kalah atau menang, jangan sampai mereka masuk dari belakangmu”.

Setelah kaum musyrikin kocar-kacir, para pemanah berteriak “rampasan, rampasan” sehingga mereka mengabaikan perintah komandanya. (Akibatnya) ketika kaum musyrikin melihat ada celah kosong, mereka langsung berputar ke arah belakang bukit dan balik mengepung kaum muslimin, hingga banyak dari sahabat yang gugur syahid dalam pertempuran itu; Rasulullah ﷺ pun rahangnya patah.

Dalam pertempuran itu, seorang tentara musuh menyelinap di balik bebatuan bukit dan membunuh Hamzah r.z Nabi ﷺ menjulukinya “sayyid al-syuhada” (pemimpin para syuhada)

Disebelah tenggara Jabal Rumat terdapat masjid bersejarah, dikenal dengan Masjid al-Subh dan Masjid al-Ainain. Berikut ini keterangan mengenai Jabal Rumat.

Jarak dan Ukuran Jabal Rumat Madinah (Kawasan Uhud)

Jarak dari Jabal Uhud
Panjang
Lebar
Tinggi
Keliling
Jarak dari makam Syuhada
1 Km
175 m
55 m
20 m
380 m
55 m

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
1 Komentar untuk "Jabal Rumat Bukit Pemanah Perang Uhud"
Back To Top