Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Tiang Aisyah Tiang Abu Lubabah

Tiang Aisyah

Dinamakan dengan tiang Aisyah r.a karena beliaulah yang menunjukan tempat tersebut. Dari Aisyah diriwayatkan bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya ada sebongkah tanah di samping tiang itu (mukhallaqah) di Masjid Nabawi, seandainya orang tahu, mereka akan melakukan undian memperebutkan tempat itu untuk shalat. Makanya dinamakan dengan “Tiang Undian” (Majma’ al-Zawaid, 4/10)

Tiang Abu Lubabah

Dinamakan demikian karena Abu Lubabah bertekad mengikat dirinya pada tiang itu setelah dirinya membeberkan rahasia kepada Bani Quraidhah, dimana Bani Quraidhah meminta kepada Nabi agar mengirimkan Abu Lubabah untuk diajak bernegosiasi, dan mereka berkata : “Wahai Abu Lubabah, kami akan tunduk pada kekuasaan Muhammad. Abu Lubabah memberikan isyarat (jika Rasulullah ﷺ yang mereka pilih), mereka pasti dihukum mati, kemudian mereka minta diadili oleh Sa’ad ibn Muadz.

Ketika dia sadar bahwa dirinya mengkhianati Allah dan Rasul-Nya, dia bersumpah tidak akan melakukan apa-apa sampai menemui ajal atau Allah memberikan taubat, dia pergi ke Masjid dan mengikat dirinya pada sebuah tiang selama 9 hari sampai jatuh pingsan. Kemudian Allah ﷻ turunkan taubatnya kepada Rasulullah ﷺ orang pun mengabarkan kepada Abu Lubabah perihal itu, dan ingin melepaskan ikatanya. Namun dia bersumpah bahwa talinya tidak akan dilepas kecuali oleh Rasulullah ﷺ dan akhirnya beliau ﷺ yang melepaskan ikatan itu. Setelah lepas, ia berkata kepada Rasulullah : “Wahai Rasulullah, saya telah bernadzar untuk mensedekahkan hartaku. Nabi pun menjawab: sepertiganya saja engkau sedeklahkan sudah mendapat pahala.

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Tiang Aisyah Tiang Abu Lubabah"
Back To Top