Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Jabal Uhud Lokasi dan Sejarahnya

Jabal Uhud
Jabal Uhud adalah Jabal yang terpanjang di madinah, memiliki banyak bukit, letaknya didalam batas tanah Madinah sebelah utara yang membentang dari timur hingga barat. Kini telah dibuka Jln. Malik Fahd ibn Abdul Aziz dari Masjid Nabawi menuju Jabal Uhud dan makam Syuhada (didekat Uhud).

Perhitungan Jarak, Panjang, Tinggi Jabal Uhud

Jarak dari Masjid Nabawi
Panjang berkisar antara
Lebar berkisar antara
Tinggi dari permukaan tanah
Tinggi dari permukaan laut
Keliling
4 km
4,4-7 km
1-3 km
300 m
1 km
19 km 

Tak seperti umumnya gunung di Madinah, Jabal Uhud seperti sekelompok gunung yang tidak tersambungan dengan gunung yang lain. Karena itulah penduduk Madinah menyebutnya dengan sebutan Jabal Uhud yang artinya 'bukit menyendiri'.

Sejarah Jabal Uhud

Jabal yang berarti gunung sedangkan Uhud yang berarti menyendiri memiliki kehususan tersendiri dalam Sejarah dakwah Rasulullah Saw. Dari hal Gunung yang menintai Rasulullah Saw, Gunung yang menjadi saksi Syuhada Uhud, dan Gunung yang akan ada di surga nanti

Sabda Rasulullah SAW mengenai Jabal Uhud

Nabi SAW bersabda, 'Bukit Uhud adalah salah satu dari bukit-bukit yang ada di surga'," demikian hadis yang dirawikan HR Bukhari.

Rasulullah SAW bersama Sayyidina Abu Bakar RA, Sayyidina Umar Al-Faruq RA, dan Sayyidina Usman bin Affan RA. Setelah keempatnya berada di puncak, terasa Gunung Uhud bergetar.

Rasulullah kemudiannya menghentakkan kakinya dan bersabda, "Tenanglah kamu Uhud. Di atasmu sekarang adalah Rasulullah dan orang yang selalu membenarkannya." Tak lama setelah itu Uhud berhenti bergetar. Demikianlah tanda kecintaan dan kegembiraan Uhud menyambut Rasulullah.

Syuhada Uhud

Jabal Uhud ini menjadi saksi para Syuhada Uhud yang syahid di peperangan Uhud. Nabi ﷺ memerintahkan agar para syuhada’ Uhud dimakamkan di lapangan tempat terjadinya pertempuran, dimana dua atau tiga orang dikubur dalam satu liang. Kuburan ini dekat dengan jabal Rumat, dan menziarahinya adalah sunnah.

Para Syuhada Uhud diantaranya adalah:

  1. Hamzah bin Abdul Mutholib r.a
  2. Abdullah bin Jahsy r.a
  3. Mushab bin Umair r.a
  4. Handzolah bin Abi Amir r.a



Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Jabal Uhud Lokasi dan Sejarahnya"
Back To Top