Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Makam Baqi’

Baqi’ adalah nama komplek perkuburan yang berada di Madinah, terletak ± 30 meter ditimur Masjid Nabawi, Baqi berarti sebidang tanah yang lembut tanpa batu dan kerikil. Luas areal pemakaman ini ± 138.000 M², tempat ini dibatasi dengan tembok berjeruji, ditempat ini dimakamkan antara lain :
  1. Usman bin Affan RA (khalifah ketiga) Abbas bin Abdullah RA (paman Nabi)
  2. Hasan bin Ali RA (cucu Nabi) Halimatus Sa’diyah RA (ibu susuan Nabi)
  3. Istri-istri beliau: Sofiah RA, Hafsah binti Umar bin Khattab RA dan Mariyatul Qibtiyah RA kecuali (Siti Khadijah di Ma’la dan Maemunah di daerah Zam’un).
  4. Putra putri beliau Siti Fatimah RA, Qosim, Abdullah, Ibrahim, Ruqoyyah, Zainab RA dan Umi Kalsum RA.
Sekarang tempat ini sudah menjadi pemakaman umum termasuk bagi jamaah Umrah maupun Haji yang meninggal di Madinah. Rasulullah berdo’a agar semua yang dimakamkan di Baqi’ diampuni dosanya oleh Allah SWT.

Waktu ziarah Baqi

bagi laki-laki ba’da Subuh dan bagi wanita kapan saja namun diluar pagar.
Area pemakaman Al-Baqi' adalah suatu area pemakaman para sahabat Nabi, Tabi'in, Tabi'ut tabi'in, dan para ulama serta orang saleh sesudahnya. Bahkan ahli sejarah mengatakan “Ada sekitar 10.000 sahabat yang di makamkan di Baqi. 

Sering Nabi mengunjunginya pada waktu malam dan berdoa dan memohon ampunan untuk mereka yang dikebumikan di pemakaman ini. Di antara Sahabat dan Tabi’in adalah sebagai berikut:
Usman bin Mazuen RA, Usman bin Affan RA (Kalifah ketiga), Khunais bin Hazafa RA, Saad bin Abi Waqqas RA, Abu Khudri Saiid RA, Abdur Rahman bin Auf RA, Abdullah bin Masuud RA, Asad bin Zurara RA, Saad bin Muaz RA dan beribu-ribu orang lainnya juga. Imam Malik, Imam Nafii, Zain-Ul-Abediin, Jaffar Sadiq dan Haliima Saadia juga dikuburkan di sana.

Keutamaan Pemakaman Al-Baqi'

Area pemakaman Al-Baqi' adalah suatu area pemakaman para sahabat Nabi, Tabi'in, Tabi'ut tabi'in, dan para ulama serta orang saleh sesudahnya. Sering Nabi mengunjunginya pada waktu malam dan berdoa dan memohon ampunan untuk mereka yang dikebumikan di pemakaman ini
Diantara doa beliau yang diajarkan kepada kita untuk Ahli al-Baqi' :

"Kesejahteraan atas kamu wahai penghuni-penghuni Makam dari kalangan mukminin dan muslimin. Allah merahmati mereka yang terdahulu dan kemudian dari kalangan kami dan sesungguhnya kami dengan izin Allah akan mengikuti kamu"

"Kesejahteraan atas kamu tempat tinggal orang-orang yang beriman, dan telah datang pada kamu barang apa yang telah dijanjikan untukmu, kamu ditangguhkan hingga hari esok dan dengan izin Allah kami akan mengikuti kamu, wahai Allah, ampunilah penghuni-penghuni Baqi' Al-Gharqod"

Jenazah yang dimakamkan di Baqi' akan dibangkitkan pertama di Padang Mahsyar, 70.000 dari penghuni Baqi' dibangkitkan dan masuk Surga tanpa hisab

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Makam Baqi’"
Back To Top