Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Sekilas Ziarah Madinah

Disunnahkan ziarah Masjid Rasulullah ﷺ (Nabawi) apakah itu sebelum haji atau umrah atau sesudah haji atau umrah.

Qadhi lyadh rah.a. berkata, "Madinah adalah tempat turunnya wahyu, tempat turunnya Al-Qur'an, tempat turunnya Malaikat Jibril dan Mikail a.s.. Malaikat-malaikat yang dekat dengan Allah ﷻ. pun turun di sana. Tanah lapangnya selalu dipenuhi dengan dzikir dan tasbih. Tanah dan debunya mengenai badan mulia Rasulullah ﷺ. Dari sana, betapa banyak sunnah Rasulullah saw. yang tersebar. Di sana terdapat banyak tempat yang pernah tampak keutamaan, keberkahan, dan kebaikannya. Di sana juga terdapat tempat berdirinya Rasulullah ﷺ. dan tempat berjalannya Rasulullahﷺ . Sehingga, sudah sepatutnya jika tanah Madinah Munawwarah dimuliakan.

Disana terdapat Masjid Nabawi, Masjid yang memiliki keutamaan 1000 kali sholat diluar Masjid Nabawi kecuali Masjidil Haram Makkah.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قاَلَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ، وَصَلاَةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ.-(أخرجه أحمد  وابن ماجه(

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu , ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   bersabda : “Shalat di masjidku ini lebih utama seribu shalat dari shalat di masjid selainnya, kecuali masjidil haram, dan shalat di masjidil haram lebih utama seratus ribu kali dari shalat di masjid selainnya.” [HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah]

Disana manusia terbaik, kekasih Allah Rasulullah ﷺ di makamkan bersama dua sahabat mulia Abu Bakar as-Shiddiq dan Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhuma.

Disana terdapat Baqi tempat dimakamkanya Utsman bin Affan, Istri-istri Rasulullah ﷺ, putra putri Rasulullah ﷺ, dan para syuhada Uhud, dan sekumpulan para Sahabat Rasulullah ﷺ.

Madinah adalah diantara tempat yang tidak akan bisa dimasuki Dajjal, yang mana tidak ada sejengkal tanah kecuali Dajjal telah mendatanginya.


Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Sekilas Ziarah Madinah"
Back To Top