Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Tips Kesehatan Haji dan Umrah

Ibadah Haji dan Umrah bukanlah ibadah yang sebatas rohani saja, akantetapi Ibadah yang menyangkut fisik dan jsamani juga. Kesehatan tubuh sangat diperlukan untuk melakukan rukun-rukun dalam rangkaian Ibadah Haji atau Umrah, seperti Thawaf, Sa'I, Jumrah, Wuquf.

Berkumpulnya manusia dari berbagai penjuru dunia dengan postur tubuh yang berbeda-beda, tentu sangat penting kesehatan dan kekuatan tubuh dalam melakukan rangkaian Ibadah Haji atau Umrah di tengah-tengah mereka.

Berikut ini tips sehat Haji dan Umrah :
  1. Pastikan suntik Vaksin meningitis dua minggu sebelum berangkat, disamping sebagai syarat jemaah yang mau berangkat ke tahan suci, Vaksin berguna untuk menjaga tubuh dari virus-virus yang mungkin di bawa oleh jamaah Haji atau Umrah dari negara lain.
  2. Atur pola makan dengan baik, sehingga tidak meyebabkan efek yang membahayakan tubuh anda sendiri.
  3. Istirahat secukupnya agar badan fresh dan bugar saat melaksanakan ibadah.
  4. Olah raga secukupnya seperti melakukan pemanasan sederhana, agar ketika melakukan Thawaf terutama Sa'I tidak keram atau tidak akan terlalu cape.
  5. Melakukan pergerakan badan ringan di hotel sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan Ibadah selama di Makkah dan Madinah, agar otot-otot tidak tegang dan lentur, terutama yang posisi Hotel dengan Masjid terhitung jauh.
  6. Sediakan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan, apalagi bagi yang memang mempunyai penyakit seperti batuk, flu, dan lain-lain.
  7. Bawalah pakaian yang bisa menahan dari panasnya matahari dan dinginya udara pada malam hari.
  8. Jagalah kebersihan di mana pun berada.
  9. Perbanyak minum air, sangat dianjurkan untuk meminum air Zamzam dan juga mengkonsumsi madu selama di Makkah dan Madinah.
Semoga tulisan ini bermanfaat, jika baik dan bermanfaat silahkan berbagi dengan yang lain.

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Tips Kesehatan Haji dan Umrah"
Back To Top