Info Manasik, Sejarah, Ziarah Makkah dan Madinah

Tips Mencium Hajar Aswad

Mencium Hajar Aswad adalah sunnah, walaupun hukum sunnah orang-orang mengantri dan mengharapkan bisa mencium Hajar Aswad, karena Hajar Aswad akan menjadi saksi di akhirat bagi siapa saja yang pernah menciumnya.

Keunikan sunnah ketika mencium Hajar Aswad adalah bahwa sunnah ini hanya dilakukan satu orang satu dunia secara bergantian (tidak bersamaan). Mungkin amalan sunnah lainya ada orang lain yang mengerjakanya secara bersamaan, akan tetapi mencium Hamar Aswad hanya satu (di Makkah) dan hanya satu orang dari seluruh dunia yang melaksanakan (secara bergantian).

Berikut ini beberapa tips mencuim Hajar Aswad.
  1. Hendaknya memilih waktu saat kondisi sekitar Ka'bah tidak terlalu padat, atau pada waktu-waktu setelah sholat Fardu, sudah berada di dekat Ka'bah, sehingga ketika bangkit selesai sholat, bisa langsung mendekati Hajar Aswad.
  2. Hendaknya tidak langsung menerobos, tapi mengikuti aluran atau putaran thawaf, dari jauh untuk bisa mendekati Hajar Aswad.
  3. Pastikan badan dalam kondisi sehat dan kuat.
  4. Berdoa sepanjang menunggu antrian dan mendekati Hajat aswad.
  5. Jika memakai kain Ihram, usahakan berpakaian Ihram yang kuat dan benar, agar tidak melorot atau terinjak atau tertarik orang lain.
  6. Hindari saling menyakiti sesama Jamaah atau orang lain yang berada disana.
  7. Jika sudah mendekat teroboslah dari samping kiri Hajar Aswad atau samping kanan Hajar Aswad.
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat, dan jika tulisan ini baik silahkan share ke teman-teman kalian.

Share to :

Facebook Google+ Twitter Digg
0 Komentar untuk "Tips Mencium Hajar Aswad"
Back To Top